Kartika Djoemadi: Tugas Relawan Sebarkan yang Positif, Bantah yang Negatif

by

Kartika Djoemadi, selaku salah satu pendiri Jasmev 2014, mengungkapkan bahwa relawan pendukung di pilpres tidak boleh berlarut-larut menghadapi cacian dan hinaan terhadap Jokowi, walaupun tidak juga mendiamkan. Sebab tugas utama para relawan adalah menebarkan isu positif. “Kita berusaha untuk tidak terlalu larut dengan serangan-serangan lawan politik Pak Jokowi. Tugas kita di sini sebagai relawan hanya menginformasikan hal-hal positif,” ungkap Koordinator JASMEV2014 Kartika Djoemadi Jeruk Purut pada 27 Maret 2014.

Dalam hal menghadapi dan menjawab isu negatif, cara yang digunakan Jasmev cukup halus, tidak melabarak. Pertama kali yang dilakukan adalah mencari tahu siapa dalang isu negatif tersebut. Baru kemudian dihampiri, diajak bicara, dan diajak diskusi. Ini pun sebenarnya bisa dilakukan via online. Kartika menilai, cara diskusi secara tatap muka cukup efektif. “Enggak sedikit yang berani caci makinya di virtual saja. Pas ketemu suasana jadi cair kok,” ungkapnya.

Cara ini sebenarnya konsisten dengan cara yang digunakan Jasme di Pilkada 2012. Saat itu Kartika Djoemadi mengungkapkan timnya berperan menaps isu negatif. “Kami koordinasi untuk mengantisipasi isu-isu negatif,” katanya. Kartika menyebut, tim relawan secara konsisten berkicau hal-hal positif mengenai Jokowi-Ahok. Terlebih, pascadebat di Metro TV Ahad lalu. “Sebenarnya enggak semakin banyak. Cuma, ada aja,” dia menyebut. Dengan penerapan strategi yang konsisten, pendukung di medsos makin memuncak. Jumlah mention atau buzz buat Joko Widodo di media sosial mencapai dua juta sejak Jokowi-Ahok Social Media Volunteers (Jasmev) diluncurkan 12 Agustus 2012 lalu. “Sekarang sudah lebih dua juta,” kata Sony Subrata, Direktur Utama PoliticaWave, ketika dihubungi, Selasa 18 September 2012.

Sumber:

http://www.tempo.co/read/news/2012/09/19/228430388/dalam-sebulan-ada-2-juta-mention-untuk-jokowi

http://kliping-kartikadjoemadi.tumblr.com/post/132325986266/kartika-djoemadi-tugas-kita-sebagai-relawan

Iklan

2 Tanggapan to “Kartika Djoemadi: Tugas Relawan Sebarkan yang Positif, Bantah yang Negatif”

  1. Kartika Djoemadi, Tugas Relawan yang Positif-Positif Saja | Aku Tidak Bisa Desain Says:

    […] Pak Jokowi. Tugas kita di sini sebagai relawan hanya menginformasikan hal-hal positif,” ungkap Kartika Djoemadi di Jeruk […]

  2. Pandangan Sekilas Atas Kartika Djoemadi | Lordlordlord's Blog Says:

    […] kali saya membaca tentang Kartika Djoemadi adalah di sekitar tahun 2008-2009. Ia adalah seorang pengusaha yang sebenarnya normal-normal saja. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: